I.
SEJARAH MICROSOFT OFFICE WORD
Banyak ide dan konsep Word diambil
dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox
Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan
Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard
Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft
menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia
pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep “What You See Is What You Get”,
atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal
dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat
itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word
processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya
teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal,
miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan
tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit
perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan
resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang
beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba
untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh.
Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut
mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer.
Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi
dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word
3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan
fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft
mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna
terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara
gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk
ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi
yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Tahun1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata. (Sumber: id.wikipedia.org)
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata. (Sumber: id.wikipedia.org)
I.
Pengertian
Microsoft Word
Microsoft Word merupakan program
aplikasi pengolah kata (word processor)
yang yang biasa digunakan untuk membuat laporan, dokumen berbentuk surat kabar,
label surat, membuat tabel pada dokumen. Microsoft Word 2010 merupakan
program pengolah kata terbaru dari Microsoft.
III. Mengenal Microsoft Word
Title Bar
|
Menu Bar
|
Work Area
|
Status Bar
|
Horizontal
Scroll Lock
|
Vertical
Scroll Lock
|
Gambar
1 . layout ms.word
Berikut ini adalah beberapa istilah yang akan
dipakai dalam mengoperasikan Microsoft Word 2010:
Ø Title
Bar
merupakan
baris judul yang menunjukan lembar kerja yang sedang aktif
Ø Menu Bar
Merupakan
menu-menu yang ada pada microsoft word yang dapat digunakan untuk melakukan perintah
tertentu. Yang termasuk menu bar FILE , HOME , INSERT , PAGE LAYOUT ,
REFERENCES , MAILINGS , REVIEW, VIEW.
Ø Status
Bar
Menunjukan
baris menu yang sedang aktif.
Ø Work
Area
Merupakan
lembar kerja yang ada di microsoft word.
Ø Horizontal
Scroll Lock
Digunakan
untuk menggeser/menggulung layar ke kiri dan ke kanan
Ø Vertical
Scroll Lock
Digunakan
untuk menggeser/menggulung layar ke atas dan ke bawah
Ø Hotkey /
shortcut
Berupa
kombinasi beberapa tombol tertentu pada
keyboard yang menyebabkan program aplikasi yang sedang berjalan untuk melakukan
suatu proses tertentu
Ø Toolbar
(pada
Mic. Word 2010 disebut ribbon)
Pada Mic. Word 2007, perintah-perintah sudah ditampulkan dalam
grup-grup terpisah
Ø Ruler margin (Indent)
Digunakan
untuk mengatur batas kiri dan kanan dari suatu halaman
First
Line Indent Right Indent
Hanging Indent
Left Indent
v First
Line Indent
Digunakan
untuk mengatur posisi huruf pertama pada setiap awal paragraf
v Hanging
Indent
Digunakan
untuk mengatur posisi huruf setelah baris pertama pada suatu paragraf
v Left
Indent
Digunakan
untuk mengatur batas kiri untuk semua teks
v Right
Indent
Digunakan untuk mengatur
batas kanan untuk semua teks
IV.
Mengoperasikan
Microsoft Word
A.
Membuka
Microsoft Word
Untuk membuka Microsoft Word
ada 2 cara, yaitu :
1.
Double Click icon Microsoft Word pada Desktop
2. Click
Start àAll
Programs à
Microsoft Office à
Microsoft Word 2010
B.
Membuat
Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan
langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika
komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, ada 3 cara yang dapat menjadi alternatif dalam
membuat dokumen baru.
1.
Click icon pada Quick acces Toolbar
2.
Click file atau
tekan Alt+F à New à Blank Document
3.
Tekan Ctrl+N pada keyboard
C.
Membuka
File yang sudah Tersimpan
Ada beberapa cara untuk membuka file yang telah tersimpan dalam
folder komputer kalian, antara lain :
1.
Click icon pada Quick acces Toolbar
2.
Click file atau
tekan Alt+F à Open
3.
Tekan Ctrl+O
pada keyboard
Dari ketiga cara di atas, akan menghasilkan
tampilan kotak dialog Open File, pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan
letak foldernya terlebih dahulu. Click tombol Open, maka file yang dipilih akan dibuka oleh
Microsoft Word.
D.
Menyimpan
Dokumen
Segera setelah memulai penulisan sebuah dokumen sedapat mungkin dilakukan
penyimpanan. Hal ini bertujuan untu menghindari dari hilangnya dokumen.
Ada beberapa cara untuk menyimpan file dalam
folder komputer kalian, antara lain:
1.
Click file atau
tekan Alt+F à Save
2.
Klik icon
Save pada Quick acces Toolbar
3.
Tekan Ctrl+S
pada keyboard
Kemudian akan ditampilkan kotak Dialog Save
As. Ketikkan nama file dokumen anda, dan Click Save.
E.
Menutup
Jendela Ms. Word
Pada saat menutup jendela Microsoft word,
anda pastikan terlebih dahulu bahwa dokumen telah tersimpan dengan benar.
1.
Click file atau tekan Alt+F à Close
2.
Klik icon
3.
Tekan Ctrl+W pada keyboard
V.
Mengedit
Teks
Jika anda membuat kesalahan selama penulisan
teks, Anda dapat memperbaikinya dengan :
1.
Tekan tombol BackSpace pada keyboard untuk menghapus satu
karakter di kiri titik sisip.
2.
Tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus karakter
di kanan titik sisip.
3.
Tekan Ctrl+Y pada keyboard, untuk melakukan
pengulangan teks (repeat).
4.
Tekan Ctrl+Z pada keyboard atau klik icon Undo pada Costumize Quick Acces Toolbar, untuk mengembalikan perintah yang baru saja
dilakukan.
5. Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan
tombol Shift+Enter.
A.
Mengcopy
Teks
Untuk meng-copy teks yang anda pilih ke
lokasi lain, lakukan :
1.
Block teks yang akan anda copy
2.
Click icon
copy
3. Click icon paste
Selain cara copy-paste di atas, ada juga cara
lain dengan menggunakan keyboard. Untuk mengcopy gunakan Ctrl+C sedangkan
untuk paste gunakan Ctrl+V.
B.
Memformat
Teks
Anda dapat mengatur format teks dengan
menggunakan salah satu cara berikut ini :
1. Block teks yang akan anda format, kemudian
atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
2. Tempatkan kursor pada posisi awal kemudian
mengatur formatnya. Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari
posisi awal akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan
perubahan kembali atau memindahkan posisi kursor ke bagian lain dari dokumen.
Untuk mengatur teks anda dapat menggunakan
grup Font yang ada pada ribbon.
Mengubah
jenis huruf
|
Mengubah
ukuran huruf
|
Mewarnai
font
|
Menambahkan
efek pada font
|
Mengatur
style font
|
Atau dapat juga diatur dengan menggunakan kotak dialog Font dengan
hotkey Ctrl+D atau Ctrl+Shift+F
VI.
Mengatur
Paragraf
Bullets
dan Numbering
|
Border
|
Mengatur
perataan teks
|
Mengatur
jarak spasi baris
|
Indent
|
A.
Mengatur
Perataan Teks Paragraf
Perataan
teks dalam paragraf dapat dilakukan dengan posisi rata sisi kiri (left-align), rata sisi kanan (right-align), ditengah (center) dan rata sisi kiri dan kanan (justify).
B. Mengatur Indentasi
Anda dapat mengatur indentasi paragraf terhadap margin kiri, margin kanan
atau keduanya. Anda juga dapat membuat indentasi hanya pada baris pertama.
C.
Mengatur
Jarak Spasi Baris
Apabila diperlukan, Anda dapat mengatur jarak spasi dari baris agar
masing-masing baris mempunyai jarak yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan.
D. Bullet
& Numbering
Sangat membantu dalam penulisan suatu karya
ilmiah yang terstruktur. Dapat diatur dengan mengunakan ribbon Paragraph.
VII. Styles
Word
menyediakan fungsi style untuk mempermudah penulisan karya ilmiah dan laporan.
Berikut ini adalah cara untuk membuat style baru:
1. Klik
panah ke bawah pada ribbon styles
2. Klik
pada tombol new style (
)
3. Akan
muncul kotak dialog sebagai berikut:
4. Atur
style yang diinginkan
5. Klik OK
Latihan:
v Buatlah
style baru dengan nama “MyStyle”, tipe huruf Algerian, size 14, color green
dengan tipe awal heading 1, jika dienter akan berpindah ke tipe normal. (Pada
teks dibawah )
v Buatlah
style baru dengan nama “FunStyle”, tipe huruf Times New Roman , size 18, color
blue dengan tipe awal heading 2, jika dienter akan berpindah ke tipe MyStyle.
The community of cyber creative adalah sebuah organisasi
yang bernaung dibawah perguruan al-nur cibinong. Cyber pertama kali
didirikan pada tanggal 09 februari 2008 oleh angkatan pertama, pelindung
dari the community of cyber creative adalah bapak H. Tubagus Nizomi,S.Kom
dan pembina kami tercinta yaitu Heriyanto, S.Kom .sampai dengan sekarang
the community of cyber creative sudah mencapai 5 angkatan
|
VIII.
Breaks
Kadang
dalam menulis naskah ada suatu halaman atau kolom yang belum terisi sementara
kita harus berpindah ke halaman lain. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah
tanpa harus menekan tombol enter berulang kali. Caranya dengan menggunakan
ribbon Insert à page break
atau page layout à breaks à page atau
cukup dengan menggunakan hotkey Ctrl+Enter
IX.
Membuat
Kolom
Langkah
– Langkah untuk membuat kolom :
1. Click
menu tab Page Layout
2.
Pilih Columns yang terletak pada ribbon Page Setup
3.
Pilih banyak pembagian kolom yang anda inginkan
Contoh. Pembuatan kolom dengan
menggunakan 2 kolom
X.
Membuat
Table
Untuk membuat table biasanya kita lebih mudah
dengan menggunakan Microsoft Excel. Akan tetapi Microsoft Word juga menyediakan
fasilitas untuk membuat sebuah table. Dimana dalam pembuatan table-nya
terhitung lebih mudah daripada dengan menggunakan Word 2003.
Langkah
– Langkah pembuatan table :
1. Klik
menu Insert pada ribbon
2. Pilih
icon table
, kemudian Insert
Table
Dalam
pembuatan sebuah table disediakan beberapa menu tambahan, antara lain :
1. Insert
Dengan menu Insert kita dapat menambahkan
kolom, baris, dan cell pada saat pembuatan table.
Langkah-Langkah : Klik kanan pada table à Insert à Insert
…… (sesuai yg anda inginkan)
2. Merge
Dengan
Merge kita dapat menggabungkan beberapa kolom/baris menjadi satu.
Langkah-Langkah
:
a. Block
baris atau kolom yg anda inginkan terlebih dahulu
b. Klik
kanan à Merge
Cells
3. Table properties, digunakan untuk mengatur
tampilan table.
Langkah-Langkah :
a. Block
tabel terlebih dahulu
b. Klik
kanan à Table
Properties
Untuk
latihan, buatlah table seperti gambar dibawah ini!
No
|
Nama Anggota Cyber
|
Jabatan
|
Kelas
|
1
|
Pikri
Abdul Muhammad
|
Ketua
|
XI TKJ
2
|
2
|
Al
Hadi
|
Wakil
Ketua
|
XI TKJ
2
|
3
|
Okke
Arista Febri
|
S.
Konsumsi
|
XI TKJ
3
|
4
|
Nursiti
Robi’ah AS
|
Sekretaris
|
XI ADM
3
|
5
|
Syalsa
Utama
|
Anggota
|
XI TKJ
2
|
6
|
Fakhri
Akbar
|
Anggota
|
XI TKJ
2
|
XI.
Membuat Wordart
Wordart merupakan fasilitas yang ada pada Ms. Word yang dapat
digunakan untuk membuat teks lebih artistic.
Langkah – langkah membuat Wordart :
1.
Click menu insert
2.
Pilih Wordart pilih salah satu yang diinginkan
Cyber creative
|
Contoh. Pembuatan wordart
XII.
Membuat Drop Cap
Pernahkah kamu melihat tulisan baik itu di
majalah , koran , buletin , buku dan lainnya yang huruf pertamanya berbeda atau
hurufnya besar sendiri. nah itu merupakan fasilitas yang ada di Ms.Word yaitu
menggunakan drop cap. mari kita membuat drop cap .
Langkah-langkah nya :
1.
Block satu huruf diawal
paragraf yang akan dijadikan Drop Cap
2.
Pilih menu Insert
3.
Pilih Drop Cap kemudian pilih salahsatu tife dari drop
cap yang diinginkan.
Contoh. Pembuatan Drop Cap
XIII. Menyisipkan
Gambar Pada Microsoft Word 2010
Banyak cara
yang bisa dilakukan untuk menyisipkan objek/gambar pada microsoft word. Mari
kita bahas satu persatu ..
Cara pertama :
1.
Click menu Insert à pilih Clip Art
maka akan mucul
Tampilan berikut
2.
Inilah salah satu contohnya …..
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar